Andi Prawira, Raup Keuntungan dari Bidang yang Ditekuninya

Andi Prawira, Raup Keuntungan dari Bidang yang Ditekuninya – Usaha yang bergerak di bidang jasa web consultant dan web designer sudah banyak di mengerti orang. Pasalnya, banyak orang yang menggunakan web sebagai media memasarkan produk atau bisnisnya. Bisnis itu pun dinilai tak akan pernah mengalami kemerosotan.

 

Itulah alasan Andi Prawira dalam mengeluti bisnis tersebut. Ia memulai usahanya pada awal tahun 2011 di daerah Cibubur, Jawa Barat dengan mengusung bendera, tebsproject dengan situs resminya www.tebsproject.com.

Bisnis yang dijalani Andi sesuai dengan latar pendidikannya yaitu IT. Hal tersebut yang memudahkannya menjalani bisnis jasa ini. Selain itu, hobi menggambar yang digemarinya sejak kecil dapat diaplikasikan.

Setelah lulus kuliah, Andi mantap untuk menjadi entrepreneur. “Saya memang berkeinginan menjadi seseorang pengusaha yang mapan di bidang yang saya tekuni, semoga kesuksesan akan datang di saat sekarang maupun masa mendatang,” ujar Andi.

Dalam menjalankan bisnis nya, Andi membutuhkan pekerja untuk menyelesaikan setiap proyek. Kendalanya, sampai saat ini ia masih sulit mencari tenaga kerja yang mahir dan konsisten. Hal ini karena banyaknya permintaan klien yang beragam, dibutuhkan tenaga yang memahami IT dan seluk-beluk program web.

Selain itu, Andi mengaku kesulitan menentukan bayaran alias fee atas jerih payahnya. “Dengan melihat banyaknya pekerja IT yang mau dibayar murah, sehingga secara tidak langsung merusak pasar itu sendiri. Saya berharap dengan adanya serikat pekerja IT sehingga standarisasi harga dapat tercapai,” papar pria penggemar musik ini.

Untuk konsumen, Andi menargetkan para pelaku UKM , perusahaan swasta maupun negara.

Andi mengatakan, untuk mengenalkan usahanya dia menggunakan media sosial. Dengan metode itu, Andi mengaku mudah memasarkan atau memperlihatkan layanan yang disediakan serta contoh hasil-hasil karya yang telah dibuat. “Tapi yang paling utama adalah kemauan untuk terjun langsung dan berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat,” kata lelaki yang akrab dipanggil TB ini.

Saat ini, omzet yang diraup Andi sekitar Rp 10-15 juta per bulannya. “Angka tersebut tidak pasti karena tergantung banyaknya order.”

“Percaya pada suatu yang kecil pasti akan menjadi besar jika ada kemauan dan kerja keras,” selalu menjadi pegangan Andi untuk merintis kesuksesan.

Selain itu, dalam berbisnis Andi tak sekadar mencari mencari keuntungan semata. “Kita harus dapat berguna kepada sesama,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *