Ketahui 10 Hal Penyebab Wasir

Apakah anda tahu apa penyebab penyakit wasir? penyakit wasir adalah penyakit yang rasanya tidak mengenakan karena akan sanagt mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Penyakit wasir bisa terjadi karena beberapa faktor, anda perlu mengetahuinya karena 1 dari 10 orang di pasti menderita wasir.  Berikut ini adalah 10 Hal Penyebab Wasir.

 

Suka mengejan ketika buang air besar (BAB)

Mengejan ketika buang air besar (BAB) dapat menyebabkan wasir. Mengejan disini adalah apabila buang air dalam waktu yang lama dan terlalu sering memaksakan buang air disaat tubuh belum merasa akan keinginan untuk buang air besar. Buang air besar tegang seperti itu bisa karena sembelit, diare, atau kebiasaan mandi yang buruk. Usahakan jongkok ketika berada di toilet karena dapat memudahkan buang air besar.

Menunda Buang air besar (BAB)

Tidak sedikit orang yang berusaha untuk menunda buang air besar jika tidak ada fasilitas yang tepat di sekitarnya. Hal ini tidak menyebabkan masalah besar. Namun, jika sering dilakukan maka akhirnya kotoran dalam usus akan mengering dan akibatnya sulit untuk keluar. Hal ini kemudian memaksa Anda untuk mengejan ketika buang air, oleh karena itu dapat menyebabkan wasir. Selanjutnya, usus besar memberikan tekanan pada otot dan pembuluh darah di daerah anus. Hal ini menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum yang akan menjadi awal dari wasir.

Diet makanan kaya serat

Diet kaya serat dalam makanan seperti buah-buahan dan sayuran segar merupakan penyebab utama untuk wasir. Konsumsi banyak tepung halus, protein hewani, karbohidrat rendah serat, dan gula dapat membuat kotoran Anda keras dan sulit untuk keluar. Hal ini merupakan penyebab wasir yang paling dominan.

Faktor genetika

Beberapa orang karena faktor genetik memiliki dinding vena yang lemah. Ini bisa mengakibatkan wasir, meskipun bukan menjadi faktor penentu. Dinding vena yang lemah dikombinasikan dengan berjam-jam berdiri atau duduk atau kebiasaan mandi yang buruk dapat menyebabkan wasir.

Kehamilan

Selama kehamilan, tekanan dari dinding uterus dapat mempengaruhi pembuluh darah dubur. Hal ini bisa mengakibatkan sembelit pada wanita. Namun, jika Anda sudah memiliki wasir, kehamilan dapat memperburuk kondisi wasir Anda karena besar kemungkinan tingkat / grade wasir akan meningkat.

Sembelit dan Diare

Keduanya dapat menyebabkan wasir. Sembelit adalah kesulitan dalam buang air besar karena pengerasan menyebabkan mengejan secara berlebihan. Diare menyebabkan tinja berair dan keluar kotoran secara berlebihan. Kedua masalah ini dapat mempengaruhi kondisi pembuluh darah dubur dan dapat menyebabkan wasir.

Kanker Rektum

Kanker rektum dapat menyebabkan wasir. Kanker rektum menyebabkan timbulnya rasa ingin buang air besar secara sering, meskipun Anda tidak benar-benar buang air besar. Kontraksi yang sering ini menyebabkan tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah Anda dan menyebabkan wasir. Bahkan penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit hati, sindrom iritasi usus, dan tumor usus secara tidak langsung dapat menyebabkan wasir.

Kurang Olahraga

Gaya hidup yang sangat sedikit gerakan otot dapat menyebabkan otot Anda untuk kehilangan elastisitasnya. Hal ini membuat sulit buang air besar. Ini adalah masalah umum pada orang-orang tua dan orang sakit. Demikian pula, beberapa pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk atau berdiri untuk waktu yang sangat lama. Hal ini juga menyebabkan wasir.

Kegemukan

Kelebihan berat badan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah wasir. Kelebihan berat badan di daerah pinggul dan perut meningkatkan tekanan pada vena panggul. Hal ini menyebabkan pembuluh darah disekitar daerah tersebut akan membesar dan lama kelamaan akan timbul wasir.

Kemungkinan Penyebab lain dari Wasir

Faktor lain yang mungkin berhubungan dengan terjadinya wasir dengan beberapa pasien mungkin termasuk kekurangan vitamin, sering menggunakan obat pencahar, hipertensi dan asupan cairan yang buruk dan air. Orang yang secara teratur menderita sembelit dan diare bisa menderita wasir. Demikian pula, penderita kronis penyakit hati dan penyakit usus bisa mendapatkan wasir. Orang yang bekerja dalam waktu berjam-jam dengan duduk atau berdiri dapat menimbulkan wasir. Orang yang makan lebih banyak makanan pedas atau mereka yang minum air kurang bisa menderita sembelit dan gejala yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *